WELCOME TO MY BLOG

Rabu, 13 Juni 2012

JURUSAN KU TKBB (tekhnik konstruksi batu dan beton )

Gue bersekolah di SMKN 4 JAKARTA tepatnya di Rorotan Jakarta Utara..
Di SMKN 4 terdapat 11 jurusan.. Sekolah Gue udah bertaraf internasional dengan Bidang Teknologi dan Rekayasa..
Ada 11 jurusan yang ada yaitu :
1. TEKHNIK KENDARAAN RINGAN
2. TEKNIK OTOTRONIK
3. TEKHNIK PERMESINAN
4. TEKHNIK FABRIKASI LOGAM
5. TEKHNIK INSTALASI TENAGA LISRTIK
6.TEKHNIK KONSTRUKSI BATU BETON
7.TEKHNIK FURNITURE
8. TEKHNIK AUDIO VIDEO
9. TEKHNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI
10. TEKHNIK MEKATRONIK
11. TEKHNIK KOMPUTER JARINGAN

Ini adalah tampak depan sekolah gue ..

Nah karena gue berada di jurusan TKBB gue mau nge. share nii apa aja yang ada di bengkel gue dan apa aja yang gue pelajari di jurusan ini..


Pertama ini lah bengkel gue (tampak depan)
Kenapa di depan bertuliskan Civil Dept? karena jurusan gue ini merupakan jurusan teknik sipil jika nanti melanjutkan ke perguruan tinggi ..






Ini adalah kegiatan di Bengkel TKBB..
Gambar pertama itu menunjukkan bagaimana suasana saat praktek membuat keramik
Gambar kedua menggambarkan ruang praktek bengkell kami yang didalamnya terdapat mesin" pemotong
Gambar ketiga dan keempat merupakan ruangana praktek menggambar manual yang terletak di lantai 2
dan Gambar kelima merupakan gapura yang baru selesai sekitar sebulan yang lalu dibangun oleh guru dan siswa/siswi jurusan TKBB

Oh ya, Jurusan TKBB mengikuti LKS (lomba keterampilan siswa) .. dan kemarin sempat meraih juara 1 tingkat nasional yang diraih oleh kaka kelas gue FAJAR JULI EKO

Dia menjadi juara membidangi mata lomba wall and floor.. niihh lihat deh dari dia waktu latihan sampai dia menjadi juara LKS..




Selain wall and floor mata lomba yang diikuti oleh jurusan TKBB juga ada yang lain loh yaitu bricklaying.. tapi sayangnya kemarin gak menang.. mungkin tahun ini SMKN 4 bisa juara yaa.. nahh ini yang namanya briclaying..



Nah itu dia yang namanya briclaying keliatanya simple yaa? tapi ini paling susah loh.. harus mengukur kedataran dan sebagainya... wah repott banget...

Nahh di jurusan TKBB itu yang dipelajari banyak,,, tapi kebanyakan orang hanya menilai kalau jurusan TKBB itu ujung-ujungnya hanya menjadi kuli bangunan kasar.. tapi sebenarnya tidak.. malah Kepala sekolah SMKN 4 Drs.H.Wahidin Ganef merupakan lulusan tekhnik sipil.. waw..

Apa saja siihh garis besarnya yang dipelajari di TKBB?
nahh.. yang pertama tentang autocad..
tau kan autocad? autocad itu perangkat lunak 2 dimensi dan 3 dimensi yang dikembangkan oleh autodesk..
contohnya kurang lebih seperti ini..




yang kedua kita harus bisa menggambar secara manual denah rumah, pondasi, dengan menggunakan pensil .. contoh gambarnya seperti ini nih kurang lebih..


Belum lagi saat praktek di Belakang bengkel TKBB.. biasanya gue praktek membuat pondasi, keramik, pasangan bata dan masih banyak lainya deh..



Nah udah tau kan tentang TKBB.. inilah aktivitas di Bengkel jurusan gue ...

3 komentar:

  1. kita satu jurusan,gua juga tkbb.tpi kok kamu masuk tkbb ? itukan untuk laki2 ? tman ku sih ada yg perempuan masuk tkbb....
    nanti gimana kalau di godain ama tukang ?

    BalasHapus
  2. Aku juga jurusan tkbb , di purwokerto jateng

    BalasHapus
  3. Aku juga jutusan TKBB, DI SMK YOGYAKARTA

    BalasHapus